Politala Gelar Sosialisasi Pembangunan Zona Integritas untuk Tingkatkan Integritas dan Pelayanan Publik

Politala – Bertempat di aula lantai 3 Gedung Kuliah Terpadu Politeknik Negeri Tanah Laut, Selasa 21 November 2023, digelar acara sosialisasi pembangunan Zona Integritas sebagai langkah konkret dalam meningkatkan kualitas pelayanan di lingkungan kampus. Sosialisasi ini dihadiri oleh semua pegawai dan dosen Politeknik Negeri Tanah Laut yang berkomitmen untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Politeknik Negeri Tanah Laut menjadi saksi sosialisasi penting mengenai pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas korupsi, yang diselenggarakan bersama tim dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran integritas dan menggalang komitmen bersama dalam mewujudkan lingkungan kampus yang bersih dari praktik korupsi.

Tim dari Kemendikbudristek yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini yaitu Ovi Soviaty Rivay selaku analis kebijakan ahli muda dan Erna Aprilia selaku pengelola data pelaksanaan program dan anggaran, memberikan pemahaman mendalam tentang Zona Integritas sebagai suatu tindakan konkrit untuk mencegah korupsi.

Pembangunan Zona Integritas adalah inisiatif pemerintah Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Zona Integritas adalah suatu bentuk pengakuan dan komitmen seluruh komponen organisasi, termasuk Perguruan Tinggi, untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, Dr.Mufrida Zein, S.Ag, M.Pd, menyambut baik kehadiran tim dari Kemendikbudristek dan menyatakan komitmen kuat Perguruan Tinggi tersebut dalam mendukung pembangunan Zona Integritas. Politala berkomitmen untuk mewujudkan lingkungan akademis yang bersih dan bebas dari korupsi. Kami akan bekerja sama dengan semua pihak, termasuk tim dari Kemendikbudristek, untuk mencapai tujuan ini,” kata Direktur Politala. Direktur juga menambahkan dalam sambutannya bahwa Mengemban predikat ini tidak saja sebagai wujud apresiasi, tetapi juga melambangkan komitmen Politeknik Negeri Tanah Laut sebagai sebuah Lembaga Pendidikan untuk senantiasa menjadi ikon birokrasi yang melayani, sekaligus bersih dan bebas dari korupsi.

 

Direktur Politeknik Negeri Tanah Laut, Dr.Mufrida Zein, S.Ag, M.Pd juga menyampaikan prestasi dan pencapaian Politala hingga saat ini yaitu institusi dan prodi seluruhnya telah terakreditasi BAN-PT dan lam, capaian fisik dan realisasi anggaran dalam 3 tahun terakhir selalu menempati 5 besar tertinggi se Indonesia, Politala juga menjadi Politeknik Negeri terbaik untuk pelaksanaan proyek SBSN, Politala juga memiliki mahasiswa yang berprestasi dalam ajang skala nasional, dan mahasiswa Politala juga berhasil mengikuti seleksi magang kerja bersertifikat dalam dan luar negeri, meraih PKM vokasi skema insentif terbanyak dari seluruh Politeknik se Indonesia tahun 2023, setiap tahun dosen Politala juga berhasil mendapatkan hibah kompetitif penelitian dan PKM seperti matching Fund, hubah dosen pemula dan lain-lain. LSP P1 Politala juga berlisensi BNSP tahun 2023, penilaian lembar hasil evaluasi SAKIP pada tahun 2021 dan 2022 mendapatkan nilai A serta mahasiswa yang menerima beasiswa sebanyak 481 orang atau 30,79% dari total mahasiswa Politala saat ini.

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan pemaparan materi dari Kemendikbudristek yaitu materi tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam pengisian LKE Zona Integritas menggunakan SIAZIK dan rencana aksi zona integritas 6 area perubahan dan dilanjutkan dengan bimbingan teknis Bersama tim zona integritas Politeknik Negeri Tanah Laut. Hms_Politala