Sosialisasi Zona Integritas Kepada Mahasiswa Baru Politala

Politala – Bertempat di aula gedung kuliah terpadu Politala, Dr. Jaka Darma Jaya, M.P selaku Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas Politala mengajak seluruh sivitas akademika Politala untutk bersama-sama mendukung proses pembangunan Zona Integritas di Politala. Hal ini disampaikan Jaka Darma Jaya dalam sesi pemamparan materi di kegiatan PKKMB Politala tahun 2023. (22/8)

Berdasarkan Permenpan RB Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah, Zona Integritas (ZI) merupakan instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya telah berkomitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima.

Adapun pentingnya dari pelaksanaan zona integritas di lingkungan perguruan tinggi, pertama adalah pelayanan pendidikan. Pembangunan zona integritas mendorong terciptanya pelayanan pendidikan yang baik. Urgensi kedua adalah penguatan tata kelola integrasi. Area rencana aksi pembangunan zona integritas adalah proses bisnis dan standar operasional prosedur (SOP).

Urgensi ketiga adalah menyoal pengelolaan keuangan. Unit kerja dalam zona integritas dituntut melakukan pengelolaan keuangan yang akuntabel. Sementara urgensi terakhir adalah kode etik dan integritas, bagaimana zona integritas mendorong unit kerja mampu mencegah adanya diskriminasi hingga persoalan lainnya.

“Insyallah awal tahun 2024 kita akan ajukan penilai dari kementerian panrb, mohon doa dan kerjasamanya untuk mendukung membangun zona integritas di politala” Tutur Jaka selaku Ketua ZI. Hms_Politala